Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta arus komunikasi tanpa batas perlu diimbangi dengan kemampuan berbahasa yang memadai salah satuya membaca. Pada hakikatnya membaca merupakan perwujuadan atau kesatuan berbagai macam proses kemudian berakumulasi pada satu perbuatan tunggal. Hal ini kita harus memandang membaca merupakan suatu kegiatan yang aktif yang dilakukan secara sadar dan bertjuan.
1. Pengertian Membaca
Kata membaca di dalam bahasa Arab dipadankan dengan kata qiroah, yang memiliki artiنطق بالمكتوب فيه yang berarti membaca (Munawwir 1997: 110), (Al Munjid 2005: 21). Lalu membaca juga di dalam bahasa Arab sering disejajarkan dengan istilah مطالعة yang berpadanan dengan istilah menelaah (pursal), mempelajari, تلاوة membacakan atau recital (Baalbaki, 1995: 855). Melihat dari pengertian membaca di atas, sesuai dengan tujuan dan fungsinya, kata membaca menggunakan padanan yang berbeda di dalam bahasa Arab.
Membaca merupakan suatu keterampilan yang berkaitan erat dengan keterampilan dasar pada manusia yaitu berbahasa (Wiryodijoyo, S. 1989: 1). Dengan bahasa manusia dapat saling berkomunikasi, dengan memiliki kemampuan membaca seseorang bisa berkomunikasi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Berikut pengertian membaca menurut beberapa tokoh yang diambil dari (Wiryodijoyo, S. 1989: 1-2) adalah sebagai berikut,
a. Heliman, mengemukakan membaca adalah proses mendapakan arti dari kata-kata tertulis;
b. Carter, membaca merupakan suatu proses berpikir yang di dalam nya terdapat kegiatan mengartikan, menafsirkan arti, dan menerangkan ide-ide dari lambang;
c. Carol, menurutnya membaca merupakan dua tingkat proses dari penerjemahan dan pemahaman kode pesan penulis, dan pembaca memahami dan mengartikan kode itu;
d. Cole, berpendapat mebaca merupakan proses psikologis untuk menemukan arti kata tertulis. Dalam proses membaca melibatkan indra penglihatan, gerak mata, pembicaraan batin, ingatan, pengetahuan, mengenai kata yang dapat dipahami, dari pengalaman membacanya;
e. Andreson, Richard C, mereka berdua berpendapat bahwa membaca merupakan proses membentuk arti dari teks-teks tertulis;
f. Lalu Wiryodijoyo, menurut pandanyan beliau, membaca merupakan proses pengucapan kata-kata dan pemerolehan arti dari barang cetakan. Kegian tersebut melibatkan analisis dan pengorganisasian berbagai keterampilan yang kompleks, termasik di dalamnya pelajaran, pemikiran, pertimbangan perpaduan, pemecahan masalah, yang berarti menimbulkan kejelasan informasi bagi pembaca.
Dari pengertian di atas dapat dipahami bahwa, pada pengertian poin (a) merupakan proses membaca yang sederhana, tahap pemula, yaitu pembelajar membaca tahap awal. Kemudian pada pengertian poin (b) merupakan tahapan yang lebih maju, karena di dalam proses membaca dibicarakan kegiatan berpikir, menafsirkan, dan penerapan isi pikiran atau maksud. Lalu pada poin (c) definisi membaca memiliki proposisi pemahaman dan kode, jadi pemahaman pembaca harus sesuai dengan kode atau maksud dari pengarang.
Untuk pengertian poin (d) telah disinggung kegiatan batin, dan pengalaman pemabca. Pengertian poin (e) memiliki pengertian, membaca untuk tahap lebih lanjut, karena di dalamnya membutuhkan kemampuan mengingat, berpikir, menafsirkan, serta mengahayati teks bacaan secara benar, dan kegiatan membaca pada tahap ini membutuhkan kehati-hatian. Lalu definisi membaca untuk poin (f) membaca merupakan suatu kegiatan yang komplek, karena menggunakan semau kemampuan mental manusia seperti kemampuan menganalisis, mempertimbangkan, memecahkan masalah untuk segala masukan yang akan direkam di dalam batin pembaca ataupun tidak.
Jadi dapat disimpulkan membaca merupakan suatu cara untuk berkomunikasi verbal dengan orang lain dan diri sendiri. Pada tingkat yang lebih tinggi membaca akan memberikan penglaman rohani maupun pengetahuan kepada pembaca (Wiryodijoyo S, 1989: 3).
Almunjid. (2005) Almunnjid fil Lughah wal I'lam. Liban: Beirut.
Bai'labaki R. (1995). Dictionary Arabic - English. Dar Al Ulum: Beirut.
Munawwir, W. (1997). Kamus Arab - Indonesia. Pustaka Progresif. Jogjakarta.
Munawwir, W. (1997). Kamus Arab - Indonesia. Pustaka Progresif. Jogjakarta.
Wiryodijoyo, S. (1989). Membaca : Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: P2LPTK.
No comments:
Post a Comment